Meluruskan Penunjukkan Nawawi Pamolango Sebagai Pengganti Sementara Firli Bahuri

Image 3

PASAL 70B UU 19/2019 Perubahan Kedua UU 30/2002  tentang KPK berbunyi: "Pada saat Undang-Undang ini berlaku, semua peraturan perundang-undangan yang bertentangan dengan Undang-Undang ini dicabut dan dinyatakan tidak berlaku." 

Sebelumnya, Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) 1/2015 tentang Perubahan atas UU 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, pada bagian menimbang berbunyi:

“c. bahwa ketentuan mengenai pengisian keanggotaan sementara Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi belum diatur dalam UU 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

d. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c, serta untuk mengatasi timbulnya kegentingan yang diakibatkan terjadinya kekosongan keanggotaan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, perlu menetapkan Perppu tentang Perubahan Atas UU 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.”

Lalu dalam Pasal 33A Perppu 1/2015 disebutkan:

“(1) Dalam hal terjadi kekosongan keanggotaan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang menyebabkan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi berjumlah kurang dari 3 (tiga) orang, Presiden mengangkat anggota sementara Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi sejumlah jabatan yang kosong.

(2) Anggota sementara Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai tugas, wewenang, kewajiban, dan hak yang sama dengan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

(3) Calon anggota sementara Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi harus memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 kecuali huruf e yang berkaitan dengan syarat usia setinggi-tingginya 65 (enam puluh lima) tahun.

(4) Pengangkatan dan pemberhentian anggota sementara Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ditetapkan oleh Presiden.

(5) Dalam hal kekosongan keanggotaan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menyangkut Ketua, Ketua sementara dipilih dan ditetapkan oleh Presiden.

(6) Sebelum memangku jabatan, Ketua sementara dan Wakil Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi wajib mengucapkan sumpah/janji sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35.”

Adapun Pasal 33B Perppu 1/2015 berbunyi:

“Masa jabatan anggota sementara Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 33A ayat (1) berakhir pada saat:

a. anggota Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang digantikan karena diberhentikan sementara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 ayat (2) diaktifkan kembali;

atau b. pengucapan sumpah/janji anggota Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru setelah dipilih melalui proses sebagaimana dimaksud dalam Pasal 33 ayat (2).”

Berdasarkan kajian atas UU 1/2015  yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 18 Februari 2015 dibandingkan dengan UU 30/2002 yang telah diubah dengan UU 19/2019 tentang Perubahan Kedua UU 30/2002  yang diundangkan di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 2019 dan secara khusus mengenai pergantian pimpinan KPK karena telah ditetapkan sebagai tersangka dan diberhentikan sementara  dapat dikemukakan hal-hal sebagai berikut:

1. Prosedur pergantian pimpinan KPK dimaksud telah diatur dalam UU 30/2002 sebagaimana telah dicantumkan dalam Pasal 32 ayat (2) sebagai berikut:

Dalam hal Pimpinan KPK menjadi tersangka tindak pidana kejahatan, diberhentikan sementara dari jabatannya. (3) Pemberhentian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia.

Dalam Pasal 33 (1) disebutkan sebagai berikut:

Dalam hal terjadi kekosongan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Presiden Republik Indonesia mengajukan calon anggota pengganti kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (2) Prosedur pengajuan calon pengganti dan pemilihan calon anggota yang bersangkutan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29, Pasal 30, dan Pasal 31.

2. Bahwa pada Bagian Menimbang huruf c UU 1/2015  yang menyatakan,  ketentuan mengenai pengisian keanggotaan sementara Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi belum diatur dalam UU 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, adalah tidak benar sehubungan dengan ketentuan Pasal 33 UU 30/2002.

3. Ketentuan pergantian pimpinan KPK karena diberhentikan sementara berdasarkan Pasal 33 A ayat (1) menyatakan bahwa: Dalam hal terjadi kekosongan keanggotaan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang menyebabkan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi berjumlah kurang dari 3 (tiga) orang, Presiden mengangkat anggota sementara Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi sejumlah jabatan yang kosong. Ayat  (5) mengatakan: Dalam hal kekosongan keanggotaan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menyangkut Ketua, Ketua sementara dipilih dan ditetapkan oleh Presiden.

4. Bahwa pemberlakuan UU 1/2015 sejak tanggal 18 Februari 2015; sedangkan UU 19/2019 telah diberlakukan sejak tanggal  17 Oktober 2019 sehingga sejalan dengan asas lex posteriori derogate lege priori maka UU 19/2019 yang berlaku dalam hal pergantian pimpinan KPK karena diberhentikan sementara tidak UU 1/ 2015.

Alasan kedua, di dalam ketentuan Pasal 70 B UU 19/2019 telah dinyatakan secara tegas bahwa Pada saat UU ini berlaku, semua peraturan perundang-undangan yang bertentangan dengan Undang-Undang ini dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

5. Ketentuan mengenai prosedur  pergantian pimpinan KPK yang didasarkan UU 1/2015 nyata-nyata bertentangan secara diametral dengan ketentuan yang sama di dalam UU 19/2019 sebagaimana diuraikan pada angka 2,3, dan 4 di atas. Selain daripada hal tersebut terbukti bunyi Bagian Menimbang Huruf c UU Nomor 1/2015 telah mengandung ketidakbenaran dan tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 33A UU 19/2019 sehingga dapat dinyatakan cacat demi hukum.

6. Selain alasan tersebut pada angka 5, maka alasan kedua,  bahwa  pergantian pimpinan KPK dan penunjukkan pimpinan baru KPK hanya dapat dilaksanakan jika jumlah pimpinan KPK berkurang hanya tinggal 3 orang; hal ini bertentangan dengan kenyataan bahwa setelah Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka, pimpinan KPK tersisa 4 (empat) orang.

7. Alasan ketiga, mengikuti prosedur pergantian pimpinan KPK dengan penunjukkan Nawawi Pamolango yang juga pimpinan KPK semasa Firli Bahuri; selaku pengganti Firli Bahuri maka pimpinan KPK berjumlah 4 (empat) orang dan tidak berjumlah 5 (lima) orang sebagaimana telah ditetapkan berdasarkan UU 30/2002 dan UU 19/2019 yaitu Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 terdiri atas: a. Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang terdiri dari 5 (lima) Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi [Pasal 21 (1)].

8. Berdasarkan uraian pada angka 1 s/d 7 di atas dapat disimpulkan bahwa prosedur penunjukkan Nawawi Pamolango untuk menggantikan Firli Bahuri selaku Ketua KPK mengandung cacat hukum sehingga prosedur penunjukkan dimaksud batal demi hukum dan karenanya segala tindakan hukum KPK dalam melakasanakan tugas dan wewenangnya menjadi tidak sah dan batal demi hukum atau dapat dibatalkan
 
Demikian pendapat hukum saya.

Berita Terkait

Berita Lainnya