Ketika Anies Baswedan Panen Raya di Basis Pangan Jawa Tengah

- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti panen raya di lahan persawahan seluas 50 hektare di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (16/4). Panen padi ini adalah hasi kolaborasi antara Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Makmur, Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap dengan BUMD Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya.

“Hampir 99 persen kebutuhan pangan DKI Jakarta dipasok dari luar dan kita memiliki ketergantungan yang amat tinggi dengan daerah lain dan Jakarta merasa bersyukur bisa bekerja sama dengan Cilacap menyiapkan ketahanan pangan untuk warga di ibu kota,” tulis Anies Baswedan di laman Facebook miiknya.

“Ikhtiar bersama ini juga untuk memastikan pasokan pangan di Ibu Kota terjaga selama bulan Ramadan dan menyambut Idulfitri 1442 Hijriah,” sambungnya.

Panen kali ini adalah lanjutan kolaborasi antar daerah yang dimulai sejak 2018. Melalui kolaborasi tersebut, Pemkab Cilacap dan Gapoktan Sumber Makmur berperan menyiapkan pengadaan lahan dan petani. Sementara Pemprov DKI Jakarta melalui Food Station melakukan beragam pendampingan kepada petani dan off taker produk pertanian.

Kolaborasi yang dilakukan Food Station terhadap Gapoktan Sumber Makmur mulai dari pendampingan dalam hal pemilihan varietas sampai proses pascapanen dimana Food Station sebagai off taker memberikan jaminan harga. Kolaborasi ini memotong mata rantai pembelian gabah milik petani, sehingga petani bisa tetap sejahtera. Selain itu kolaborasi ini dapat digunakan oleh petani untuk mendapatkan pembiayaan.

“Prinsip saling menguntungkan inilah yang membuat pergerakan perekonomian di ibu kota juga ikut dirasakan sampai ke daerah-daerah. Kita ingin memastikan hadirnya kolaborasi yang berkeadilan bagi semua, yakni membuat masyarakat Jakarta mendapat beras berkualitas dengan harga terjangkau, dan yang paling penting petani di Cilacap merasakan peningkatan kesejahteraan,” jelas Anies lagi sambil mengucapkan terima kasih kepada BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya, Gapoktan Sumber Makmur, Kepala Perwakilan BI Purwokerto Bupati Tatto S. Pamuji, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Berita Terkait

Berita Lainnya