Pentingnya Kesadaran Bersama Melawan dan Memberantas Laten Korupsi di Negeri Ini

Image 3

HARI ini, Sabtu 20 Mei 2023, segenap Bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), hari bersejarah yang menjadi motor kebangkitan bangsa baik di zaman penjajahan, dan hingga  masa kini.

Tema peringatan 115 tahun Hari Kebangkitan Nasional, "Semangat Untuk Bangkit” yang di usung pemerintah sangat tepat, mengingat semangat adalah point penting bagi negeri ini untuk bangkit, berdiri tegap, dalam menghadapi ragam persoalan bangsa maupun permasalahan global yang seolah datang silih berganti.

Salah satu persoalan bangsa kita maupun permasalahan global saat ini adalah korupsi dan perilaku koruptif yang tidak dapat kita pungkiri, masih menjangkiti dunia ini.

Perlu kesadaran bersama, konsistensi nasional serta yang tidak kalah penting, Semangat Untuk Bangkit dalam diri segenap anak-anak bangsa di republik ini, untuk melawan dan memberantas laten laten korupsi di negeri ini.

Nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme yang terkandung dalam Hari Kebangkitan Nasional, seyogianya mengentalkan tekad dalam jihad melawan korupsi, kejahatan kemanusiaan yang dapat merusak setiap sendi dan aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tanamkan selalu makna dari filosofi Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mengrwa, agar di setiap jiwa dan raga segenap bangsa indonesia, terpatri rasa persatuan dan kesatuan agar bangsa ini senantiasa bangkit dan bangun dari buaian mimpi indah namun semu kejahatan korupsi serta perilaku koruptif, yang cukup lama me-ninabobokan negeri ini.

Kami yakin seyakin-yakinnya, rasa dan semangat kebangkitan nasional yang dicetus Founding Fathers kita, hanya dapat diwujudkan ketika kita menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara dengan inklusif, terbuka, konsisten, tidak merasa paling benar, dan senantiasa mengedepankan toleransi.

Sebagai semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia, konsep Bhineka Tunggal Ika bukan sekadar mempersatukan keragaman bangsa, namun filosofi ini menjadi indah dan bermakna karena selalu menumbuhkan rasa cinta serta kesetiaan terhadap bangsa dan negara.

Jika Pahlawan Nasional Bung Tomo kala itu (di masa penjajahan) mengajarkan pentingnya kebangkitan nasional, pahlawan-pahlawan bangsa di masa kini seperti atlit-atlit tanah air yang berlaga di kancah olah raga dunia Sea Games 2023, menunjukkan contoh nyata Semangat Untuk Bangkit, hingga Indonesia mendulang banyak medali dan berdiri tegap di peringkat 3 perhelatan olah raga akbar tersebut.

Dalam kesempatan ini, saya, Firli Bahuri mewakili segenap insan KPK mengucapkan selamat dan banyak terimakasih keseluruh atlit dan tim official Indonesia, atas perjuangan mengharumkan nama bangsa dan negara di dunia olah raga internasional, sekali lagi terimakasih.

Meski hanya dari depan layar kaca, saya dan tentunya kita semua tentunya merasakan kuatnya Semangat Untuk Bangkit seluruh atlit Indonesia dalam setiap pertandingan, dimana mental dan mindset “Kita Bisa” yang tertanam dalam benak hingga menjalar keseluruh penjuru urat nadi para Garuda Olah Raga kita.

Mental dan mindset seperti inilah yang seyogianya bersemi sejak dini, tumbuh menjulang tinggi dalam hati dan sanubari setiap anak-anak bangsa, untuk membakar habis korupsi dan perilaku koruptif yang telah berurat akar dinegeri ini.

Di sisi lain, prasangka dan curiga yang mendominasi alam pikiran, sudah tentu akan mengakibatkan mindset silo (terisolasi) interaksi antar sesama anak bangsa di republik ini sehingga dapat menggagalkan esensi kebhinekaan yang menjadi anugerah untuk meneguhkan semangat kebangsaan dan kebangkitan di republik ini, sesuai dengan cita-cita serta harapan berdirinya NKRI.

Di tengah kondisi saat ini, di mana situasi sosial kemasyarakatan rentan terfragmentasi, hanya dengan semangat kebangkitan nasional dengan menjunjung tinggi rasa kebangsaan yang di dalamnya jelas terkandung nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme, mampu menyelamatkan bangsa ini, terutama dari jahatnya korupsi.

Hari Kebangkitan Nasional patut kita teladani karena jelas memberikan banyak tauldan baik dalam menjalani hidup-kehidupan berbangsa dan bernegara di republik ini.

Tidak sedikit nilai-nilai baik yang dapat digali dari esensi Hari Kebangkitan Nasional yang terbukti dapat mengikuti dan sejalan dengan perkembangan zaman dari masa ke masa dan ke generasi yang akan datang.

Dalam pemberantasan korupsi, semangat kebangkitan nasional mutlak diperlukan agar bilah pedang antikorupsi dapat kita lesakkan bersama, tepat menghunus dan mematikan jantung urat nadi korupsi dan perilaku koruptif di negeri ini.

Kami yakin dan percaya, Insya Allah ragam persoalan yang mendera negeri ini dapat kita hadapi, lalui, dan akhiri bersama apabila kita semua seluruh elemen bangsa mengimplementasikan esensi nilai-nilai kebangkitan nasional dan selalu menggelorakan semangat kebangsaan untuk persatuan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak sekali pelajaran berharga dari esensi Hari Kebangkitan Nasional, baik di masa perjuangan kemerdekaan, masa kini, dan masa depan, agar kita senantiasa siap merespons dinamika serta tantangan kehidupan berbangsa.

Dengan semangat kebangkitan Nasional, mari kita bangun kesatuan dan persatuan dari begitu kompleksnya perbedaan, dimana perbedaan terbukti menjadi kekuatan bagi bangsa ini untuk mewujudkan cita-cita kebangsaan kita melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, kita wujudkan kesejahteraan umum, kita cerdaskan kehidupan bangsa Indonesia untuk menggapai Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Ingat selalu saudaraku, ragam perbedaan di negeri ini bukan menjadi kelemahan, namun justru menjadi kekuatan yang dapat dipersatukan oleh semangat kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme, yang terkandung dalam esensi Hari Kebangkitan Nasional.

Selamat merayakan Hari Kebangkitan Nasional, dengan semangat Anti Korupsi, mari bersama kita bangkit dari segala keterpurukan dengan semangat kebangsaan yang kokoh, bangkit, dan terus maju menyongsong masa depan yang lebih baik lagi.

Penulis merupakan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI)

 

Berita Terkait

Berita Lainnya