Menuju TEI 2022, KBRI Cairo Gelar Forum Bisnis di Alexandria

Tidak kurang dari 40 pelaku usaha Mesir menghadiri forum khusus yang digelar KBRI Cairo, di kota Alexandria, Senin (3/10). Para pelaku usaha yang hadir tidak hanya berasal dari Alexandria, tapi juga dari berbagai provinsi lain di Mesir, seperti Dakahlia, Beni Suef, dan Cairo.

Forum ini diselenggarakan KBRI Cairo untuk mendukung Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 yang akan diselenggarakan secara offline pada 19-23 Oktober 2022 di ICE BSD Tanggerang Banten dan online interaktif dari 19 Oktober sampai 19 Desember 2022

Dalam forum di Alexandria, Duta Besar RI Lutfi Rauf didampingi Korfung Ekonomi Dadang Rahmat dan Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi. Video promosi TEI 2022, video tutorial registrasi buyer dan visitor serta pemaparan informasi seputar pelaksanaan TEI berikut rangkaian kegiatannya dipertontonkan di forum itu.

Ketika memberikan sambutan, Dubes RI menggarisbawahi hubungan perdagangan Indonesia-Mesir yang telah terjalin selama 75 tahun. Hubungan tersebut telah mencapai level yang dinamis, tidak saling bersaing melainkan saling mendukung dan saling melengkapi. Oleh karena itu momen pameran dagang seperti TEI 2022 dapat dimanfaatkan sebagai upaya dalam meningkatkan kerja sama perdagangan antara kedua negara.

Dubes Lutfi Rauf juga mengajak pengusaha Mesir yang hadir untuk dapat berkunjung pada kegiatan pameran dagang TEI 2022 dan melihat secara langsung produk produk unggulan Indonesia, prospek investasi, dan potensi di sektor pariwisata.

Pada sesi tanya jawab, Ketua Federasi Pebisnis dan Investor Mesir Dr. Alaa El- Isawy menyambut baik kegiatan pameran TEI 2022 dan berkomitmen membantu mendiseminasi program-program promosi Trade Tourism & Investment yang diselenggarakan oleh pihak Indonesia di momen yang baik tersebut ke para anggotanya.

Sementara salah seorang pebisnis Mesir, Adel Hommos, mengharapkan rekomendasi perusahaan Indonesia yang dapat berinvestasi di Mesir untuk menjajaki kerja sama di bidang briket arang batok kelapa, karena bahan baku hanya ada di Indonesia dan tidak ada di Mesir.

Kemudian, pelaku usaha bidang sabun dan kosmetik, Dr Gehane Nasser, mengharapkan dukungan KBRI Cairo untuk memfasilitasi pertemuan dengan eksportir produk skin care dan kosmetik dari Indonesia.

Atase Perdagangan KBRI Cairo, Irman Adi Purwanto Moefthi menambahkan bahwa Tim KBRI Kairo akan memberikan asistensi dan pendampingan kepada para pelaku usaha Mesir sejak ketibaan di bandara hingga pelaksanaan TEI berlangsung.

Diharapkan para buyer dapat memanfaatkan berbagai momen kegiatan yang disiapkan seperti Business Forum, Business Matching, Kontak Dagang, dan Interactivity Tools (live chat) selama TEI 2022.

KBRI CAIRO