GSY: Dukungan Nasdem Back Up Politik Serius untuk Anies Baswedan

Image 3
Gubernur DKI Jakartas Anies Baswedan dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

Langkah Partai Nasdem mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon politik dinilai cerdas karena memberi kesan partai besutan Surya Paloh itu sangat siap menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Dengan menjadi inisiator dan leader dalam gerbong Anies investasi politik Nasdem akan dianggap lebih besar dari parpol lain yang nantinya akan ikut mengusung Anies.

“Nasdem juga tidak ingin dianggap seperti parpol tengah dan kecil lainnya yang hanya jadi follower parpol besar, dan menentukan sikap di menit-menit akhir karena proses deal yang alot,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies (INFUS) Gde Siriana Yusuf.

Selain itu, GSY mengingatkan bahwa Anies adalah investasi politik Surya Paloh. Dengan demikian, sudah sepatutnya Nasdem menyelamatkan investasi politik itu dengan sesegera mungkin mengumumkan pencalonan Anies. Dukungan dari Nasdem, seperti juga dukungan dari OKP Pemuda Pancasila dapat dipandang sebagai back up politik yang serius.

Lalu, dengan mencalonkan Anies Baswedan, Nasdem mendapatkan simpati dari kantong-kantong pendukung Anies meskipun saat ini Nasdem ada di kubu pemerintah.

“Bisa dikatakan ini langkah jitu untuk menghadapi politik identitas di Pemilu 2024. Tapi ini juga tergantung siapa capres yang secara resmi direkomendasikan Nasdem pada akhirnya,” demikian Gde Siriana Yusuf.

Berita Terkait

Berita Lainnya