Volodymyr Zelenskyy Berikan Bintang Kehormatan untuk Yuddy Chrisnandi

Image 3
Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina, Mykola S. Tochitskyy menyematkan bintang kehormatan Order of Merit Tingkat III dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy untuk mantan Dubes RI Yuddy Chrisnandi.

Pernah bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Ukraina periode 2017-2021, DR. Yuddy Chrisnandi mendapatkan bintang kehormatan Order of Merit Tingkat III dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. Bintang kehormatan itu disematkan Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina, Mykola S. Tochitskyy.

Dalam upacara penyerahan bintang kehormatan, Yuddy didampingi pejabat KBRI Kyiv dan mantan Dubes Ukraina di Indonesia, Volodymyr Pakhil, juga Direktur Wilayah IV Asia-Pasifik Kemlu Ukraina, Olexander Nechytailo.

Wamenlu Ukraina, Mykola S. Tochitskyy, mengatakan, Yuddy Chrisnandi berperan besar dalam meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Ukraina ketika bertugas sebagai Dubes RI di Kyiv.

Sementara Yuddy Chrisnandi menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan dari Presiden Ukraina. Dia juga menyampaikan buku yang disusunnya selama menjabat sebagai Dubes RI di Ukraina untuk disampaikan kepada Presiden Ukraina.

Di sela-sela pertemuan, Yuddy Chrisnandi juga melakukan pembicaraan dengan Direktur Nechytailo. Dalam kesempatan itu, Nechytailo menyampaikan ucapan terima kasih dari Kementerian Luar Negeri Ukraina kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia atas dukungan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina. Dia juga menyampaikan rencana kunjungan Wakil Ketua Parlemen Ukraina ke Indonesia untuk bertemu dengan mitranya, Ketua MPR RI dalam rangka P20.

Mengenai kehadiran Volodymyr Zelenskyy di arena G20, Direktur Nechytailo mengatakan, hal itu tergantung perkembangan situasi.

Dalam keterangan yang diterima redaksi disebutkan, Yuddy Chrisnandi ke Ukraina tidak sekadar untuk menerima penghargaan dari Presiden Ukraina, namun juga sebagai bentuk kepedulian masyarakat Indonesia kepada Ukraina.

Selain itu, kehadirannya juga untuk menemui friends of Indonesia yang dikenalnya, dan kehadirannya di Ukraina juga untuk memberikan sedikit bantuan atas penjualan buku yang ditulisnya kepada friends of Indonesia sebagai ungkapan rasa solidaritas kepada rakyat Ukraina yang saat ini menghadapi situasi sulit.

Yuddy Chrisnandi menyampaikan pula bahwa dalam setiap pertemuannya dengan wartawan di Indonesia, beliau menyatakan bahwa Indonesia selalu mendukung Ukraina dan Pemerintah Indonesia selalu berperan penting dalam proses perdamaian.

Berita Terkait

Berita Lainnya