Kehilangan Azyumardi Azra

KITA semua merasa kehilangan atas kepergian ke rahmatullah Alm. Prof. Dr. Azyumardi Azra. Kepergian Almarhum merupakan kehilangan bagi bangsa Indonesia dan Dunia Islam.

Almarhum adalah cendekiawan Muslim yang telah menebar hikmah kebijaksaan, dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pembangunan peradaban utama di Dunia Islam.

Saya mengenal Almarhum sebagai teman seangkatan di IAIN (kini UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan sama-sama dikirim belajar ke Amerika Serikat utk Program Magister dan Doktor. Almarhum juga bersama di Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia sebagai Wakil Ketua.

Selama itu saya mengenal Almarhum sebagai sosok cendekiawan Muslim yang berpegang teguh pada prinsip kebenaran, kejujuran dan keadilan, dan memiliki gairah tinggi untuk 'izzul Islam wal Muslimin.

Kami juga sedang merancang peresmian World Fulcrum of Wasatiyyah Islam (Poros Dunia Wasatiyyat Islam) pada Bulan Nopember nanti, sebagai upaya untuk mengarusutamakan prinsip jalan tengah dari Indonesia ke Dunia Islam. Almarhum bersedia menjadi Wakil Ketua Dewan Eksekutif Poros Dunia.

Semoga segala ilmu pengetahuan dan pencerahan yang telah Almarhum berikan menjadi amal jariah yang menghantarkannya ke jannatun na'im.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya