Mikahil Gorbachev Meninggal Dunia

Image 3
Mikhail Gorbachev

Mikhail Gorbachev meninggal dunia Selasa malam (30/8) waktu Moskow. Kabar kepergiannya diumumkan Rumah Sakit Klinis Pusat tak lama setelah mantan Presiden Uni Soviet itu menghembuskan nafas terakhir di usia 91 tahun.

"Mikhail Sergeyevich Gorbachev meninggal malam ini setelah penyakit yang serius dan berkepanjangan," kata pertanyaan itu.

Kantor berita TASS melaporkan, Gorbachev telah menjalani perawatan sejak awal masa pandemi Covid-19.

Gorbachev lahir  dari keluarga petani di selatan Rusia pada tahun 1931. Masa remajanya dihabiskan di pertanian kolektif. Bakatnmya di dunia politik mulai diasah saat dia menuntut ilmu di Universitas Negeri Lomonosov Moskow.

Karier politiknya cukup cemerlang. Pada 1985 ia menduduki posisi Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet. Ini adalah jabatan tertinggi di negeri itu. Di akhir era 1980an ia memperkenalkan kebijakan baru yang membuka negeri Tirai Besi, yang dikenal sebagai glasnosts dan perestroika. 

Kebijakan keterbukaan dan restrukturisasi itu ikut mendorong kehancuran Uni Soviet dan berakhirnya Perang Dingin. Di bulan Agustus 1991, sejumlah pejabat tinggi negara yang dipimpin Wakil Presiden berusaha untuk menggulingkan Gorbacveh.

Namun kudeta itu dalam digagalkan walaupun tidak bisa menghentikan perpecahan. Di akhir bulan Desember 1991 akhirnya Gorbachev mengumumkan pembubaran Uni Soviet.